Manfaat buah sawo untuk kesehatan

Manfaat buah sawo untuk kesehatan

Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Buah ini merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g. Di lain pihak, sawo juga memiliki kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah.
Selain kaya kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya. Kandungan mineral lainnya per 100 gram buah sawo adalah: kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6  mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg).
Sawo juga kaya akan vitamin C, yaitu 14,7 mg/100 g. Konsumsi 100 gram sawo dapat memenuhi 24,5 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Vitamin C dapat bereaksi dengan berbagai mineral di dalam tubuh. Vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga.

Berikut beberapa ulasan mengenai manfaat dari buah sawo

1.Mencegah kanker usus
Buah sawo mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga dengan mengkonsumsinya sangat bermanfaat dalam melancarkan saluran pencernaan di dalam usus. Apabila saluran pencernaan lancar dan sehat, maka akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan juga dapat mencegah kanker usus yang sangat berbahaya.

 2.Menyembuhkan wasir dan diare
Selain serat, buah sawo juga mengandung tannin yang cukup tinggi serta memiliki kandungan antioksidan dan senyawa poli-fenolik. Tannin merupakan sebuah zat yang dapat berperan sebagai anti-parasit, antivirus, anti-inflamasi dan anti-bakteri. Semua kandungan tersebut sangat efektif dalam mencegah terjadinya wasir dan diare.

3.Mencegah terjadinya infeksi
Kandungan vitamin C dan vitamin A di dalam buah sawo, dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lender. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat melawan serangan radikal bebas serta mencegah terjadinya infeksi.

4.Mengobati disentri Buah sawo juga sangat berkhasiat dalam mengobati sakit disentri, caranya yaitu dengan menghaluskan buah sawo muda dan beri sedikit garam. Konsumsi 2 kali sehari secara rutin sampai sembuh.

Masih banyak manfaat buah sawo yang belum disampaikan oleh penulis,karena keterbatasan kami,semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top