Manfaat terong bagi kesehatan tubuh

Manfaat terong bagi kesehatan tubuh

Terong merupakan salah satu jenis sayuran bewarna ungu yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Ini dikarenakan, terong mengandung kalsium, mineral, kaya serat, bioflavonoid serta vitamin K. Kita mungkin sudah sering mengkonsumsi sayuran ini tanpa mengetahui begitu besarnya khasiat sayuran terong tersebut.
Terong mengandung beberapa zat aktif berkhasiat
1.Niacin
Terong mengandung niacin, juga dikenal sebagai vitamin B-3. Vitamin yang larut dalam air ini menggabungkan berbagai enzim yang memecah lemak, protein, karbohidrat dan alkohol untuk menghasilkan energi. Niacin juga berpartisipasi dalam produksi enzim tubuh dari asam lemak dan kolesterol. Rebusan terong menyediakan 0,6 miligram niacin, sekitar 4 persen kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).

2.Riboflavin
Sejumlah kecil riboflavin, atau vitamin B-2, memberikan kontribusi pada profil gizi terung. Riboflavin bekerja dengan sejumlah enzim yang berbeda dalam tubuh Anda untuk mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi. Enzim tergantung riboflavin juga mendetoksifikasi bahan kimia yang berpotensi berbahaya dan mendukung pemecahan dan penghapusan obat.

3.Tiamin
Tiamin atau vitamin B-1 adalah vitamin B-kompleks yang larut dalam air dan ditemukan dalam terong. Seperti niasin dan riboflavin, tiamin berpartisipasi dalam produksi energi dari pemecahan makanan. Tubuh menggunakan tiamin untuk menghasilkan bahan genetik untuk sel-sel baru.

4.folat
Berbeda dengan fungsi vitamin B untuk pemecahan makanan, folat bertindak terutama sebagai kofaktor kimia dalam produksi bahan selular baru. Produksi sel darah merah normal dan pertumbuhan janin selama kehamilan bergantung pada jumlah folat yang cukup. Secangkir terong rebus mengandung 14 mikrogram folat, sekitar 4 persen dari RDA untuk pria dan wanita hamil dan menyusui.

5.Vitamin E dan K
Terong menyediakan sejumlah fungsi lemak larut vitamin E dan vitamin K. Vitamin E sebagai antioksidan, melindungi jaringan dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia yang disebut radikal bebas. Vitamin K mendukung sistem pembekuan darah dengan membantu dalam produksi yang diperlukan protein.

Manfaat terong bagi tubuh
  • Mencegah Terjadinya Anemia
Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Itu karena kandungan nutrisi , vitamin dan Zat besi yang terdapat dalam terong yang sangat berguna dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia  yang sering terjadi pada beberapa orang yang kekurangan akan zat besi.
  • Sebagai Anti Bakteri
Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam terong dapat menjadi sumber anti virus dan anti bakteri yang sangat efektif . Ini semua karena kandungan yang terdapat pada terong yaitu antara lain folat, serat, Vitamin B, mangan, tembaga, kalium, Vitamin K, triptofan, Vitamin C dan Magnesium.
  • Mengontrol Kadar Gula Darah
Terong memiliki kandungan serat yang tinggi serta rendah akan karbohidrat larut, sehingga terong sangat bermanfaat dalam mengontrol dalam penyerapan glukosa serta mengatur kadar gula dalam darah. Oleh karena itu terong merupakan salah satu makanan yang baik bagi penderita penyakit diabetes tipe 2.
  • Melembabkan Kulit Kepala
Terong memiliki beberapa kandungan mineral serta vitamin yang sangat baik untuk menutrisi kulit kepala agar selalu sehat. Sehingga memungkinkan untuk terhindar dari berbagai masalah yang biasanya timbul pada kulit kepala.
  • Meningkatkan Gairah Sex Pria
Adapun beberapa mitos dalam masyarakat yang menyatakan bahwa terong membuat loyo badan . Akan  tetapi mitos ini justru salah karena faktanya terong sangat kaya akan manfaat. Karena terong malah dapat meningkatkan gairah sexual pada pria, disebabkan karena efek afrodisiaknya. Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesuburan pria.

  • Mencegah Penuaan Dini
Terong merupakan jenis sayuran yang kaya akan manfaat terlebih untuk kesehatan kulit. Salah satu manfaat terong untuk kesehatan kulit yaitu dapat mencegah penuaan dini, itu dikarenakan kandungan vitamin E yang terkandung di dalam terong. Untuk mendapatkan manfaat hasil yang maksimal dalam mencegah penuaan dini serta keriput konsumsilah terong secara rutin. 
  • Membantu Mengobati Kanker
Terong mengandung kaya akan serat dalam jumlah yang tinggi yang dimana sangat bermanfaat dalam mengobati kanker usus besar. Ini semua di karenakan terong berfungsi dalam penyerapan bahan - bahan kimia dan racun yang merupakan penyebab dari terjadinya perkembangan kanker usus besar.
 
Sekian informasi dari kami semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekaliaan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top