Bromelain

Bromelain

Bromelain adalah enzim protease yang membantu proses pencernaan protein. Nanas merupakan jenis makanan yang mengandung enzim ini. Bagian dari buah nanas yang paling kaya bromelain adalah bagian batang.
Dalam dunia medis, bromelain merupakan salah satu dari komposisi obat saluran pencernaan. Obat-obatan ini umumnya digunakan untuk mengatasi kekurangan enzim bromelain, perut kembung, serta kolitis ulseratif

Tentang Bromelain

Jenis obat Digestif
Golongan Obat bebas dan obat resep
Manfaat
  • Mengatasi kekurangan enzim bromelain
  • Menangani gangguan pencernaan
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk obat Tablet, sirup kering
Peringatan:
  • Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, hamil, atau menyusui dianjurkan bertanya pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen bromelain.
  • Tanyakan dosis untuk bayi dan anak-anak pada dokter.
  • Harap berhati-hati mengonsumsi suplemen bromelain jika sedang mengonsumsi antibiotik atau obat antikoagulan.
  • Jika terjadi alergi atau overdosis, segera temui dokter.
Dosis BromelainPenentuan dosis suplemen bromelain tergantung pada tingkat keparahan defisiensi serta respons tubuh pasien terhadap suplemen bromelain. Tiap merek obat juga umumnya memiliki kandungan bromelain yang berbeda. Karena itu, gunakanlah atas petunjuk dokter.

Mengonsumsi Bromelain dengan Benar

Gunakanlah suplemen bromelain sesuai keterangan pada kemasan. Jika Anda ragu, tanyakanlah pada dokter. Suplemen bromelain sebaiknya dikonsumsi bersama makanan.Selama mengonsumsi suplemen bromelain, beri tahu dokter sebelum menjalani penanganan medis apa pun (terutama untuk prosedur operasi). Enzim ini berpotensi meningkatkan risiko perdarahan. Hentikan konsumsi bromelain setidaknya 14 hari sebelum operasi.
Anda juga dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan rutin ke dokter jika mengalami defisiensi bromelain. Langkah ini berguna untuk memantau perkembangan kondisi serta keefektifan suplemen bromelain.
Bagi pasien yang lupa mengonsumsi suplemen bromelain, disarankan segera meminumnya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis bromelain pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Bromelain

Jika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai anjuran, suplemen bromelain jarang menyebabkan efek samping. Pada sebagian pengguna, konsumsi suplemen bromelain berpotensi memicu diare dan sakit perut.Pastikan untuk membaca bahan yang terkandung pada tiap obat. Jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung bromelain secara bersamaan untuk menghindari overdosis.
.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top